cool hit counter

Majelis Lingkungan Hidup - Persyarikatan Muhammadiyah

Majelis Lingkungan Hidup
.: Home > Berita > Muhammadiyah Canangkan Go Green

Homepage

Muhammadiyah Canangkan Go Green

Senin, 08-06-2012
Dibaca: 2931

BANTUL (KRjogja.com) - Perubahan iklim menjadi isu krusial yang kini banyak diperbincangkan. Upaya menghadapi dampak perubahan iklim juga ikut dilakukan Muhammadiyah melalui jalur pendidikan dengan mencanangkan program Go Green.

Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah, M Nurcholis mengungkapkan, Go Green merupakan gerakan adaptasi terhadap perubahan iklim yang dilakukan Muhammadiyah dengan basis kajian dari perguruan tinggi (PT). Program tersebut akan digulirkan di lembaga pendidikan, mulai dari tingkat TK hingga SMA/SMK dengan modal tri dharma yang ada.

"Secara struktural Muhammadiyah, gerakan itu juga diaplikasikan dari pusat sampai rating dan mendidik siswa dari TK hingga SMA/SMK. Dari sini diharapkan Muhammadiyah bisa menjadi pusat iptek dan agen perubahan lingkungan," ujarnya dalam seminar 'Adaptasi Dalam Menghadapi Perubahan Iklim' di UMY, Rabu (6/6).

Dijelaskan, perubahan iklim perlu disikapi dengan pemikiran yang mengarah pada perubahan sikap dan perilaku untuk beradaptasi, baik secara individu maupun institusi. Adaptasi juga dibutuhkan berdasarkan jenis sumber daya alam (SDA) yang tersedia dan teknologi yang dikembangkan secara mandiri.

"Perubahan iklim global merupakan isu lingkungan yang harus segera diantisipasi. Kerusakan lingkungan yang berkelanjutan dengan skala ekstensif menuntut masyarakat global untuk bersatu padu menghadapinya dengan beragam cara dan disiplin pengetahuan yang berbeda-beda," tuturnya.

Aplikasi program go green, lanjutnya, adalah dengan mengenalkan pencegahan dan pengelolaan lingkungan yang dimulai sejak dini pada pelajar atau mahasiswa. "Diharapkan, dengan kesadaran sejak dini, maka ancaman perubahan iklim dapat diminimalisir," tandasnya. (Aie)


Tags: muhammadiyah, perubahan iklim
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: seminar



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website