cool hit counter

Majelis Lingkungan Hidup - Persyarikatan Muhammadiyah

Majelis Lingkungan Hidup
.: Home > Program Kerja

Homepage

Program Kerja

Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah Periode 2010 – 2015 mengembangkan dan mewujudkan program dan kegiatan sebagai berikut:

1.    Penyusunan Pedoman dan Panduan Teknis Pengelolaan Lingkungan.

Program ini dimaksudkan untuk menyediakan pedoman dan panduan bagi warga Muhammadiyah dalam mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pengelolaan lingkungan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan untuk program ini, di anatranya; Penerbitan Ulang Buku Teologi Lingkungan; Penyusunan dan Penerbitan Buku Akhlaq Lingkungan; Penyusunan panduan pengelolaan lingkungan hidup bagi amal usaha dan warga Muhammadiyah; dan Penyusunan panduan teknis dan strategi Pengembangan teknologi pengelolaan HTR atau Konservasi Alam lainnya.

 

2.    Intensifikasi Sosialisasi, Penyebarluasan Informasi dan Peningkatan Kesadaran Lingkungan bagi Warga Muhammadiyah.

Program ini dimaksudkan untuk melakukan kegiatan kampanye, sosialisasi, dan penyebaran informasi berbagai hal terkait gerakan pengelolaan dan penyelamatan lingkungan dalam rangka peningkatan kesadaran dan pelaksanaan perilaku ramah lingkungan dalam kehidupan warga Muhammadiyah. Program ini dilakukan dalam bentuk kegiatan kampanye melalui berbagai media, penyelanggaraan lomba lingkungan, dan publikasi kegiatan lingkungan Muhamamdiyang melalui berbagai media.

3.    Pengembangan Program Pendidikan Lingkungan

Program ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran dan perilaku ramah lingkungan bagi warga Muhammadiyah dan masayarakat secara umum melalui media pendidikan, terutama pendidikan formal di sekolah dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, sehingga diharapkan dapat menciptakan proses pendidikan Muhammadiyah yang peduli lingkungan sebagai bagian dari kegiatan ibadah dan pelaksanaan fungsi sebagai khalifatullah fil ardl. Program ini dilaksanakan melalui kegiatan pengembangan model pendidikan lingkungan dengan cara pelaksanaan pilot proyek Pendidikan Lingkungan di amal usaha pendidikan Muhammadiyah, amal usaha Kesehatan dan Kantor Sekretariat Muhammadiyah.

4.    Pemberdayaan dan Advokasi Lingkungan Warga Muhammadiyah

Program ini dimaksudkan untuk melakukan pendampingan bagi warga Muhammadiyah dalam meningkatkan kemampuan (capacity building) baik secara personal atau institusi dalam melakukan gerakan pengelolaan dan penyelamatan lingkungan. Program ini juga mendorong warga Muhammadiyah agar menjadi penggerak (pioneer) bagi masyarakat sekitar dalam melakukan upaya penyelamatan dan pengelolaan lingungkan. Kegiatan yang dikembangkan untuk mewujudkan program ini di antaranya; Pelatihan Da’i Penggerak Lingkungan, Pengelolaan Sampah/Gerakan Shodaqoh Sampah, Pengembangan Teknologi Tepat Guna Pengelolaan Lingkungan, Advokasi bagi Warga Muhammadiyah yang terkena dampak lingkungan, Peningkatan Peran Perempuan dalam Pengelolaan dan Pendidikan Lingkungan, dan lain-lain.  

5.    Penguatan Kelembagaan Gerakan Lingkungan Muhammadiyah

Program ini dimaksudkan untuk menguatkan kelembagaan gerakan lingkungan Muhammadiyah, dengan berupaya mendorong terbentuknya dan menumbuhkan kegiatan Majelis Lingkungan Hidup di dalam Persyarikatan Muhammadiyah hingga tingkat cabang. Hal ini didasarkan pada kesadaran bahwa persoalan lingkungan hidup sudah menjadi persoalan kehidupan manusia secara keseluruhan, dari tingkat nasional hingga  lokal. Kegiatan yang diakukan untuk mewujudkan program ini adalah; Pelaksanaan Rakornas dan Rakernas Majelis Lingkungan Hidup; Penyusunan Pedoman Kerja Majelis Lingkungan Hidup; Membangun Komunikasi Intensif dengan PSL PTM  dan Ortom; dan Inventarisasi masalah lingkungan dan pilihan gerakan lingkungan Muhammadiyah di masing-masing wilayah/daerah.

6.    Menjalin Kerjasama dalam Pelaksanaan Gerakan Lingkungan

Program ini dimaksudkan untuk mengenalkan, memperkuat, dan mengembangkan jaringan gerakan dakwah lingkungan Muhammadiyah sehingga dapat menunjukkan eksistensi Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar yang terlibat aktif dalam kegiatan lingkungan dan menjadikannya sebagai bagian dari kegiatan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar. Kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan program ini adalah; Menjalin Komunikasi dan Kerjasama (MoU) dengan Pemerintah, Menjalin Komunikasi dan Kerjasama Kegiatan/Program dengan LSM Nasional dan Internasional, Menjalin Komunikasi dan Kerjasama dengan Kelompok Masyarakat/Adat, dan Peningkatan  kerjasama penelitian  dan pengabdian  pada masyarakat di bidang lingkungan.



Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website